[PRAKATA] CERITA DI BALIK BUKU "NEGERI KOMEDI: LOGIKA TANPA KEPALA" - KARYA AHMAD M. MABRUR UMAR



 [PRAKATA] CERITA DI BALIK BUKU "NEGERI KOMEDI: LOGIKA TANPA KEPALA"

Assalamualaikum wr.wb.

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga buku kumpulan cerpen dan puisi ini dapat terselesaikan.

Buku ini merupakan buku kumpulan cerpen ketiga penulis setelah sebelumnya penulis pernah menorehkan tintahnya dalam Antologi cerpen “Skenario” dan Patung & Diorama: Kisah Cinta dalam diam”. Buku ini memuat karya-karya penulis, baik yang sudah pernah dipublikasikan sebelumnya maupun yang belum dipublikasikan sama sekali.

Sudahlah! Dari judulnya saja buku, Negeri Komedi: Logika Tanpa Kepalaini jelas mengarah kepada kritik --walau tanpa solusi, namanya juga "Logika Tanpa Kepala", ya "Kritik Tanpa Solusi". Buku ini hanya berisi tentang keresahan-keresahan penulis yang dibuat dalam bentuk anekdot-anekdot dan pengandaian-pengandaian konyol yang logis sebagai sebuah cerita, namun menjadi aneh jika di-(aaaa.. apa ya?), di-(ini, anu), aduh mau ngomong apa? ... menjadi aneh jika penalaran yang kita gunakan ketika membaca adalah penalaran normal, penalaran berdasarkan apa yang mungkin dan tak mungkin terjadi. Alhasil bagi yang menggunakan penalaran normal akan berkata, "mana ada hewan bisa bicara!", "mana mungkin hewan bisa berpikir selogis itu!", "mana mungkin hantu curhat sama hantu lain!", "mana mungkin anu...", "mana mungkin itu, ini".

Ini hanyalah buku fiksi. Sekali lagi, berangkat dari keresahan yang dirasakan penulis terhadap kehidupan sosial. Ditambah dengan fantasi-fantasi yang mempertanyakan, "bagaimana seandainya...?", "Bagaimana jika ternyata hewan pun tersinggung terhadap manusia yang menganggap manusia berasal dari hewan?", "Bagaimana jika hewan merasa hukum di dunia manusia itu aneh?", "Bagaimana jika hantu merasa tersinggung oleh tingkah manusia-manusia modern?", atau "Bagaimana jika manusia merasakan semua kegelisahan makhluk ciptaan Tuhan yang lain?", dan masih banyak "Bagaimana-bagaimana..." yang lainnya.

Negeri Komedi adalah negeri fiksi, negeri yang tidak nyata. Begitu pula dengan kisah-kisah di dalamnya. Ketika membaca buku ini, artinya pembaca sedang berada di negeri fiksi. Kisah yang terjadi pun hanya terjadi di negeri fiksi ini, tidak pernah terjadi di negeri mana pun. Jadi, jangan menggunakan penalaran non-fiksi untuk membaca buku fiksi. Di dunia fiksi apa pun bisa terjadi. Tak ada yang tak mungkin. Atau anggap saja ini hanya sekadar celotehan dari seorang penulis ‘gila’.

Terima kasih penulis haturkan kepada orang tua yang senantiasa memberi doa agar kami dapat mencapai titik ini. Terima kasih kepada rekan-rekan, guru, serta dosen yang memberi dukungan serta dorongan motivasi kepada kami. Dan kepada tim penerbit yang telah bekerja keras. Pun kepada para pembaca di mana pun berada. Buku ini tak akan pernah ada tanpa dukungan kalian.

Semoga dapat bermanfaat.

INFORMASI BUKU "NEGERI KOMEDI: LOGIKA TANPA KEPALA"


_____________________________
Terima kasih atas kunjungan Anda dan telah bersedia membaca karya-karya sederhana kami. Dukung blog Kosan Karya dengan mengklik iklan yang tampil. Klik share jika Anda menganggap karya ini menarik dan layak dibagikan, atau tinggalkan komentar, kritik, dan saran agar dapat menjadi acuan bagi penulis.
Salam,

Terima Kasih.

0 Response to "[PRAKATA] CERITA DI BALIK BUKU "NEGERI KOMEDI: LOGIKA TANPA KEPALA" - KARYA AHMAD M. MABRUR UMAR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Beberapa karya dalam blog ini telah dibukukan dan diterbitkan, silakan klik DI SINI untuk melihat beberapa buku karya kami. Buku dapat dibeli dalam bentuk E-Book di Google Books dan di Payhip
oOoOoOo

Iklan Tengah Artikel 1



Klik Di Sini Untuk Mengiklankan Produk Anda di Blog ini.

Iklan Tengah Artikel 2




Iklan Bawah Artikel

oOoOoOo
DUKUNG KOSAN KARYA UNTUK TERUS BERKARYA:

Donasi Via Saweria atau dukung Kosan Karya dengan klik iklan google (Google Adsense) yang tampil


Klik Di Sini Untuk Mengiklankan Produk Anda di Blog ini.