Esensi Puasa yang Seringkali Terlupakan

 


Esensi Puasa yang Seringkali Terlupakan

Salah satu esensi puasa adalah mengajarkan kita untuk hidup sederhana dan menumbuhkan rasa empati.

Puasa tidak hanya menahan haus dan lapar di siang hari. Kita juga dilatih untuk mengendalikan hawa nafsu kita. Dan ada salah satu hakikat puasa yang terkadang kita lupakan yaitu kesederhanaan.

Melaksanakan puasa menjadikan kita tahu bagaimana rasanya tidak makan dan minum seharian, dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Kita dilatih untuk tidak sekadar tahu tapi juga ikut merasakan apa yang dirasakan oleh saudara-saudara kita yang kurang mampu.

Rasa empati kita dilatih untuk lebih peka. Di siang hari, di saat tubuh kita butuh banyak energi untuk mencari nafkah, justru tidak bisa makan dan minum. Bayangkan itu terjadi tidak hanya sehari atau dua hari. Bahkan sebulan. Bahkan mungkin lebih.

Bukan hanya saat siang hari. Bahkan saat berbuka pun kita dilatih untuk berbuka dengan yang sederhana. Tidak berlebihan. Bahkan Nabi Muhammad Saw. dalam sebuah riwayat hanya berbuka dengan segelas air dan tidak butir kurma.

Jika kita mengeluh pengeluaran kita lebih banyak justru di bulan Ramadan. Lebih boros ketika berpuasa karena harus menyiapkan bahan berbuka dan sahur yang beraneka ragam. Sebagai bahan renungan, mungkin kita kurang mencapai salah satu hakikat berpuasa yaitu KESEDERHANAAN.

 

Semoga bermanfaat.

 

Salam

Terima kasih



_____________________________
Terima kasih atas kunjungan Anda dan telah bersedia membaca karya-karya sederhana kami. Dukung blog Kosan Karya dengan mengklik iklan yang tampil. Klik share jika Anda menganggap karya ini menarik dan layak dibagikan, atau tinggalkan komentar, kritik, dan saran agar dapat menjadi acuan bagi penulis.
Salam,

Terima Kasih.

0 Response to "Esensi Puasa yang Seringkali Terlupakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Beberapa karya dalam blog ini telah dibukukan dan diterbitkan, silakan klik DI SINI untuk melihat beberapa buku karya kami. Buku dapat dibeli dalam bentuk E-Book di Google Books dan di Payhip
oOoOoOo

Iklan Tengah Artikel 1



Klik Di Sini Untuk Mengiklankan Produk Anda di Blog ini.

Iklan Tengah Artikel 2




Iklan Bawah Artikel

oOoOoOo
DUKUNG KOSAN KARYA UNTUK TERUS BERKARYA:

Donasi Via Saweria atau dukung Kosan Karya dengan klik iklan google (Google Adsense) yang tampil


Klik Di Sini Untuk Mengiklankan Produk Anda di Blog ini.