Cerita Tentang Buku "Harfiah: Puisi Terakhir"



Cerita Tentang Buku "Harfiah: Puisi Terakhir"

Buku puisi terakhir sebelum buku "Harfiah: Puisi Terakhir" adalah "Cita & Rasa" di 2019. Jeda yang sangat panjang. Dalam waktu 4 tahun itu hanya ada 90-an puisi yang saya buat. Sebuah penurunan produktivitas. 🤭 Itu juga alasan mengapa buku ini berjudul "Harfiah" yang menggambarkan puisi-puisi dalam buku ini dibuat seadanya dan tidak bermakna apa-apa selain dapat dimaknai secara "Harfiah". Dan "Puisi Terakhir" merupakan kemungkinan ini adalah buku puisi terakhir saya. Kalau pun nanti ada buku puisi lagi pasti jedanya akan jauh lebih lama.

 

Mau bahas sedikit soal "Prakata" yang sejak dua buku terakhir ("Negeri Komedi" dan "Harfiah"), saya lebih suka menggunakan "Prakata" daripada "Kata Pengantar". Ini karena daya baru tahu ternyata yang benar adalah "Prakata", untuk kata sambutan di awal buku yang ditulis oleh penulis itu sendiri. Sedangkan, "Kata Pengantar" adalah sambutan yang ditulis oleh orang lain untuk suatu buku yang bukan karya tulisnya. Jadi, misal saya meminta orang lain untuk mengomentari tentang buku saya dan komentarnya saya muat, itulah yang disebut "Kata Pengantar".

 

Tapi, kalau boleh bercerita sedikit. Saya pernah dianggap buku-buku itu saya cetak sendiri, hanya karena buka usaha percetakan. Dianggap bukan karya original sendiri.

 

Padahal perjuangan untuk 'mikir', kumpulkan karya, sampai layak menjadi satu buku itu panjang prosesnya. Padahal itu semua terbit secara resmi di Jejak Publisher. Proses terbit saja bisa memakan waktu sampai 3 bulan. Dicetak di sana. Dikirim ke sini. Itu semua butuh pemikiran, tenaga dan sudah pasti DUUUIIITTT.

 

Masih saja dianggap bukan karya sendiri, buku cetak sendiri. Bahkan ada yang bilang sertifikat edit sendiri. Ya Tuhan.😭

 

Memangnya muka begini, tidak layak punya karya sendiri?😭


_____________________________
Terima kasih atas kunjungan Anda dan telah bersedia membaca karya-karya sederhana kami. Dukung blog Kosan Karya dengan mengklik iklan yang tampil. Klik share jika Anda menganggap karya ini menarik dan layak dibagikan, atau tinggalkan komentar, kritik, dan saran agar dapat menjadi acuan bagi penulis.
Salam,

Terima Kasih.

0 Response to "Cerita Tentang Buku "Harfiah: Puisi Terakhir""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Beberapa karya dalam blog ini telah dibukukan dan diterbitkan, silakan klik DI SINI untuk melihat beberapa buku karya kami. Buku dapat dibeli dalam bentuk E-Book di Google Books dan di Payhip
oOoOoOo

Iklan Tengah Artikel 1



Klik Di Sini Untuk Mengiklankan Produk Anda di Blog ini.

Iklan Tengah Artikel 2




Iklan Bawah Artikel

oOoOoOo
DUKUNG KOSAN KARYA UNTUK TERUS BERKARYA:

Donasi Via Saweria atau dukung Kosan Karya dengan klik iklan google (Google Adsense) yang tampil


Klik Di Sini Untuk Mengiklankan Produk Anda di Blog ini.